Friday 25 November 2016

Tips Berkendara yang Baik


Heloo guys, today i'm going to tell you about what i am dreaming for when i use public transportation. Oke, sebenernya ini cuman sekedar unek-unek yang ada di kepala aku aja sih, dan mungkin beberapa diantara kalian ada yang setuju ataupun engga. I am just saying and sharing aja..
Awalnya mungkin dari kebencian aku melihat orang-orang yang nggak taat sama lalu lintas makanya aku sedikit komplain sama mereka yang selalu menganggap remeh aturan lalu lintas. Ada beberapa hal yang mungkin akan aku sampaikan disini, diantaranya adalah

  1. Jangan bayangkan kalau kalian berkeliaran di jalan raya tanpa menggunakan helm itu keren guys. It's not cool at all. Buat aku it's like you have no brain karena nggak ada upaya buat ngelindungin otak kamu dari segala macam ancaman dan guncangan yang mungkin bisa saja terjadi di jalan.
  2. Jangan bayangkan juga kalau kamu modif motor jadi berwarna pink atau hijau stabilo, motor kamu jadi keren. Apa lagi dipendek-pendekin gitu. Natural aja sih, toh lebih enak dipandang mata dan rasanya juga adem liatnya. Kalo kamu pengen motor kamu tampil beda, ya cukup dengan memberi sticker yang gak merubah bentuk asli motor dan nggak alay juga.
  3. Bawalah surat kelengkapan berkendara kemanapun kamu pergi. Karena kalo terjadi segala sesuatu jadi nggak ngrepotin orang lain.
  4. Tanamkan dalam diri, bahwa keselamatan itu lebih penting dari apapun. Kalau kamu pergi kesuatu tempat terus pake helm hanya karena takut kalau ada polisi, mendingan kamu balik jadi anak TK aja deh yang kalau denger nama Polisi langsung takut dan lari ngibrit. 
  5. Jangan suka main klakson kalo tau keadaan lagi macet. Sabar itu disayang Tuhan lhooo...
  6. Jangan gendong anak kecil sambil bawa motor. Sekalipun skill mengendara kamu diatas Valentino Rossi, tapi kamu lagi bawa nyawa seorang anak yang nggak berdosa. So, jangan nodai dia dengan tingkah-tingkah semacam itu. (Ini juga perlu jadi pehatian bagi para ibu dan calon ibu).
  7. Kalau belum punya surat mengendara, jangan coba-coba main jauh. Udah deh muter kampung aja cukup. 
  8. Main HP sambil naik motor? I don't think that's good for anyone else.
  9. Buat adek-adek yang masih dibawah umur, jangan deh sekali-kali naik motor dulu. Anak-anak seusia kalian itu belum punya rasa takut dan was-was buat berkendara. Jadi, nggak jarang juga aku ngeliat anak-anak dibawah umur udah main-main motor dan ugal-ugalan. That's way aku suka cerewetin tu bocah-bocah kalo berkeliaran dideket aku. 
Sebenernya aku bukan polwan atau apalah yang bekerja di kantor polisi. Tapi aku suka sedih aja lihat orang-orang yang berkendara tapi masih seenaknya. Jalanan itu dibuat untuk mempermudah akses kita menuju ke tempat yang kita tuju. Sehingga aku harap teman-teman sekalian mempunyai rasa memiliki dan tidak melakukan sesuatu hal yang bodoh di jalan.
Dari beberapa poin yang udah aku sampaikan tadi, aku paling jengkel kalo liat ibu-ibu atau bapak-bapak naik motor sambil gendong anaknya. Bukannya apa sih, tapi aku berasa miris dan ngeri gitu ngelihatnya. Apa lagi kalo anaknya masih kecil, inget ya buk.. pak.. anak kecil itu rentan terhadap segala hal, termasuk angin dan debu. Ini terutama bagi anak yang berusia dibawah 1 tahun yaaa guys..
Terus hal menyedihkan lainnya adalah ketika aku ngeliat anak yang masih dibawah umur (SD) udah berkeliaran naik motor tanpa pengawasan orang tua. Mana ugal-ugalan lagi naiknya. Kalo ada apa-apa di jalan dan kena dianya sendiri mah nggak masalah sih, biar tau rasa. Tapi kalo kenanya ke orang lain kan bahaya juga tuh.
Sebenarnya akupun juga bukan pengendara yang baik guys, tapi setidaknya berikanlah kenyamanan berkendara bagi orang lain juga yang sama-sama menggunakan jalan umum. Oh ya, sama satu lagi. suara knalpot tolong dikondisikan dong please.. (bagi yang knalpotnya racing).
Yah ini hanya sebuah saran dari aku ya guys, boleh diterima atau engga. Thankyouuu

Image result for motor animasi bergerak
Share:

0 comments:

Post a Comment